Gambar DP BBM Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijryah Bergerak 2017

Animasi gambar kata bergerak dp bbm ucapan selamat menyambut tahun gres islam 1 Muharram 1439 Hijryah 2017 M. membuatkan Gambar DP BBM Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijryah Bergerak 2017 Masehi. Tahun gres islam tinggal menghitung hari dan tak terasa tinggal beberapa jam lagi, pada dasarnya pergantian tahun gres islam tidak jauh berbeda dengan pergantian tahun masehi yaitu bertambahnya angka dari 2016 ke 2017 dan dikala ini tahun 1438 h akan berganti menjadi 1439 h dan seterusnya menyerupai itu.
Perayaan menyambut pergantian tahun gres hijryah, ternyata memiliki arti tersendiri bagi sebagian umat muslim di tanah air, beragam tradisi acara dalam rangka memeriahkan pergantian tahun gres islam dari mulai pawai obor sampai program pengajian dan tausiyah.
Arti dari pergantian tahun gres hijryah bagi setia umat muslim tentunya berbeda-beda. Tapi secara garis besar awal tahun gres hijryah menjadi momentum introfeksi diri berhijrah menjadi umat muslim yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Benar begitu bukan ? gambar bergerak

Sejarah Tahun Baru Islam 1 Muharram

Sejarah tahun gres Islam berawal dari kebimbangan umat Islam dikala menentukan tahun. Hal ini tidak lepas dari fakta sejarah pada zaman sebelum Nabi Muhammad, orang-orang Arab tidak menggunakan tahun dalam menandai apa saja, tetapi hanya menggunakan hari dan bulan sehingga membingungkan.

Sebagai contoh, pada waktu itu Nabi Muhammad lahir pada tahun Gajah. Hal ini menjadi bukti bahwa pada waktu itu kalangan umat Arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun sehingga membingungkan.

Berawal dari sini, pada sobat berkumpul untuk menentukan kalender Islam, salah satu di antaranya yang hadir yaitu Utsman bin Affan, Ali Bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah.

Mengenai sejarah kalender Islam, mereka ada yang mengusulkan kalender Islam berdasarkan hari kelahiran Nabi Muhammad, ada yang mengusulkan semenjak Nabi Muhammad diangkat sebagai rasul.

Namun, permintaan yang diterima yaitu anjuran dari Ali Bin Abi Thalib di mana dia mengusulkan supaya kalender hijriah Islam dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekah dan Madinah.

Dari permintaan Ali inilah sejarah kalender Islam pertama kali dibuat dan sejarah tahun gres Islam pada mulanya ada.

Makna Tahun Baru Islam Hijriyah

Animasi
Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah
Makna tahun gres Islam atau tahun gres hijriah berawal dari baginda Nabi Muhammad S.A.W melaksanakan hijrah dari Mekah ke Madinah menjadi peristiwa paling bersejarah bagi umat islam
Dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW, agama Islam berkembang sangat pesat sekali di Madinah yang pada kesudahannya berkembang dan meluas sampai ke Mekah dan daerah-daerah sekitarnya. Nabi Muhammad sendiri berhijrah bukan tanpa alasan, tetapi menerima wahyu sekaligus bentuk respon untuk menanggapi sikap masyarakat Arab yang kurang berkenan dengan pemikiran Islam.
Animasi

sejarah hijrahnya nabi muhammad dari mekah ke madinah
Dampak dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad ini, Islam mulai menunjukkan taringnya dan negara Islam (daulah Islamiyah) terbentuk. Daulah Islamiyah pada zaman Nabi sangat menjunjung tinggi toleransi yang termaktub dalam Piagam Madinah.

Tahun gres Islam Hijriah jatuh pada tanggal 1 Muharram dan umat muslim di Indonesia biasanya merayakan dengan banyak sekali agenda, menyerupai pawai obor atau semacam takir keliling, pengajian, sampai memaknai tahun gres Islam dengan agenda-agenda yang mengkolaborasikan budaya Jawa.

Akhirnya, saya hanya ingin mengatakan satu hal saja mengenai makna tahun gres Islam. Bahwa, puncak kejayaan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin (rahmat bagi segenap alam semesta) yang membawa kebenaran, kebaikan, mengajarkan cinta dan kasih sayang, dan simbol lahirnya keadilan dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah yang dijadikan sebagai peletak dasar kalender Islam Hijriah.

Baca juga :
Oleh sebab itu, mari kita merayakan dan memaknai tahun gres Islam dengan menyebarkan kebaikan, cinta, dan kasih sayang kepada segenap makhluk Yang Mahakuasa di alam semesta.
Tahun gres Islam hijriah menunjukkan arti dan makna tersendiri bagi umat Islam. Pasalnya, kalau warga dunia merayakan tahun gres dengan penanggalan masehi, umat Islam menyambut tahun gres Islam menggunakan penanggalan hijriah.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai arti dan makna tahun gres Islam hijriah, kita coba ulas perihal apa tahun gres Islam dan bagaimana sejarah tahun gres Islam? Jika kita sudah mengetahui apa dan sejarah tahun gres Islam, maka selanjutnya kita akan mudah memaknai arti tahun gres Islam.

Tahun gres Islam yaitu pergantian tahun dalam Islam menggunakan perhitungan bulan. Tahun gres Islam dihitung semenjak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah menuju Madinah sehingga penanggalan dalam Islam dinamakan Hijriah.

Berbeda dengan penanggalan nasional dan dunia pada umumnya menggunakan perhitungan Masehi dengan sistem matahari dan dimulai pada zaman Nabi Isa As.

Tahun gres Islam dalam tradisi Jawa disambut dengan awal bulan satu Suro. Dalam Jawa, malam 1 Suro identik dengan nuansa mistis yang dipercaya menjadi malam yang disukai mahkluk gaib.

Jadi, mampu disimpulkan bahwa tahun gres Islam yaitu pergantian tahun umat muslim yang menggunakan metode penanggalan bulan (qomariyah) dan dimulai semenjak Nabi Muhammad Saw hijrah dari Mekah ke Madinah.

Gambar Kata Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijryah Bergerak

Animasi
Gambar Dp Bbm Tahun Baru Islam Bergerak 2017
Animasi
Dp Bbm Bergerak Tahun Baru Islam 1439 H

 Dalam rangka menyambut tahun gres islam admin ingin membuatkan Gambar DP BBM Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijryah Bergerak 2017 semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kata Indah Bahasa Inggris

[BBM IMAGES] GAMBAR DP LUCU BAHASA JAWA

DP BBM Animasi Lagi Nggak Enak Badan