Waktu yang Tepat Membaca Niat Puasa Ramadhan

Doa niat puasa ramadhan merupakan salah satu yang menjadi syarat sah dari puasa yang diantara syarat sah puasa itu yaitu diantaranya: Islam, berakal, suci dari haid dan nifas sepanjang siang dan berniat. Dan jikalau salah satu maupun semua syarat-syarat sah puasa tersebut tidak ada maka otomatis puasa tersebut tidaklah sah.

Mengenai niat, kita sudah mengetahui bahwa niat merupakan syarat sah dari puasa, sebab puasa merupakan ibadah dan sedangkan jikalau ibadah puasa maupun ibadah yang lainnya tidak disertai dengan niat sebagai syaratnya maka ibadah tersebut tidaklah sah.
Sebagaimana sabda Nabi Saw:

انما الاعمال بالنيات

“Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Waktu yang Tepat Membaca Doa Niat Puasa Ramadhan 
Dilakukannya niat puasa ramadhan itu yaitu untuk membedakan dengan menahan lapar  dari biasanya. Karena menahan lapar mampu jadi hanya sekedar kebiasaan atau hanya dalam rangka diet saja, sehingga haruslah dibedakan dengan puasa yang merupakan aktivitas yang bernilai ibadah.

Perlu kita ketahui bahwa niat tersebut bukanlah diucapkan/dilafadzkan. Karena yang dimaksud niat merupakan maksud melaksanakan sesuatu dan tempatnya dari dalam hati. Dan tatkala seseorang melaksanakan sahur di pagi hari pasti ia sudah berniat dalam hati. Karena tidak melaksanakan seseorang makan sahur yang kemudian tidak memiliki niat sama sekali.

Banyak ulama yang berbeda pendapat perihal waktu membaca niat puasa ramadhan, yang pertama yaitu menurut imam Hambali, menurutnya niat itu cukup pada awal puasa saja untuk satu bulan penuh. Yang kedua ialah menurut mazhab imam Maliki, menurutnya niat mampu dimulai saat di awal ramadhan sekaligus.

Dan yang terakhir menurut Imam Syafii yang mengatakan bahwa niat itu dilakukan setiap malam atau bertepatan dengan terbitnya fajar shadiq. Bahkan jikalau misalnya ada seseorang yang berniat puasa satu tahun yang lalu, itupun sesungguhnya sudah mampu dikatakan niat.

Adapun niat yang biasa diucapkan untuk berpuasa di bulan ramadhan ialah sebagai berikut:

merupakan
Doa niat puasa ramadhan goresan pena arab, latin dan artinya.

Bacaan Niat puasa Ramadhan Harian:

نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضان هذه السنة لله تعالى

Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan ramadhan tahun ini sebab Tuhan ta’ala.

Bacaan Niat puasa Ramadhan Sebulan


نويت صوم شهر رمضان كله لله تعا لى

Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini sebab Tuhan ta’ala.



Demikianlah artikel mengenai niat puasa ramadhan, supaya gosip ini mampu menunjukkan manfaat bagi para pembaca dan supaya selama kita puasa di bulan ramadhan tahun ini diterima oleh Tuhan SWT. Aamiin, Sekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum
Sumber http://www.bbmimages.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kata Indah Bahasa Inggris

[BBM IMAGES] GAMBAR DP LUCU BAHASA JAWA

DP BBM Animasi Lagi Nggak Enak Badan