Istighfar | DP BBM Mohon Ampun Kepada Allah

Istighfar atau mengucapkan Astaghfirullah merupakan tindakan memohon ampunan kepada Tuhan yang dikerjakan oleh kaum muslim. Hal ini ialah tindakan yang dianjurkan dan penting di dalam pedoman Islam. Tindakan ini secara harfiah dikerjakan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab Astaghfirullah, yang bermakna "Saya memohon ampunan kepada Allah".

Seorang Muslim mengucapkan perkataan ini berkali-kali, tak hanya sewaktu memohon ampun dari Tuhan sebagai doa. Kadang  diucapkan pula ketika dia sedang berbicara dengan orang lain. Tak jarang seorang Muslim juga mengucapkannya ketika hendak mencegah dari melaksanakan perbuatan yang salah, atau ketika ia akan menunjukan bila dia tidak bersalah pada satu peristiwa. Seusai shalat pun kita sebagai seorang Muslim dianjurkan melafalkan perkataan ini sebanyak tiga kali.
Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.(HR. At-Tirmidzi, hasan)

Sobat, kala kita sedang mengerjakan maksiat atau melaksanakan dosa bergotong-royong kita sudah menzhalimi diri kita sendiri dan telah melaksanakan hal yang bodoh. Itu sebabnya kita membutuhkan maghfirah. Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang telah menjelaskan mengenai pentingnya meminta ampunan kepada Allah, menyerupai yang dicontohkan oleh para Nabi  dan Rasul. Tuhan memerintahkan kepada mereka untuk selalu meminta ampun kepada-Nya. Dan sewaktu kita coba renungi sesugguhnya kita lebih butuh banyak beristighfar kepada Tuhan subhanahu wata'ala.
Istighfar bisa melapangkan dada atau hati seorang hamba. Sebab sesak dan beratnya sesuatu bisa jadi disebabkan oleh ulah kemaksiatan dan dosa-dosa yang kita lakukan. kita perlu sarana, yaitu beristighfar. Dahulu, sewaktu Rasulullah mendapati sesuatu yang mengganjal dia beristighfar hingga 100 x.

Istighfar juga bisa Mengusir pikiran – pikiran jahat. Sebagai insan yang tidak sempurna, pastilah terkadang kita dirasuki oleh pikiran – pikiran jahat untuk mengerjakan suatu hal yang diharamkan oleh agama. Sewaktu kita tersadar akan pikiran – pikiran jahat tersebut hendaklah kita mengucapkan kalimat istighfar. Agar  pikiran – pikiran jahat yang datang mengganggu kita pergi dan hilang dengan mudah

Pernahkah Sobat mengerjakan kegiatan dengan keadaan pikiran yang seakan terbebani karena melaksanakan suatu kesalahan? Pasti hal ini sangatlah tidak nyaman dan dapat menjadikan terganggunya kegiatan yang sedang kita kerjakan. Sewaktu kita menyadari kesalahan yang telah kita kerjakan sebaiknya kita segera mengucapkan kalimat istighfar. agar beban pikiran kita akan menjadi plong dan beban pun hilang, Makara kegiatan yang kita kerjakan akan menjadi lancar dan tidak terganggu lagi.

h

h
Astaghfirullah goresan pena arab

Beberapa keutamaan dari pengucapan kalimat istighfar ini untuk orang lain ialah dapat menyadarkan orang lain dan bisa membantu mendoakan orang lain. Sewaktu orang lain belum menyadari kesalahannya, alangkah baiknya jikalau kita mengucapkan kalimat istighfar untuk membantu mendoakan orang tersebut agar kesalahannya diampuni dan cepat disadarkan dari kesalahan yang sudah ia lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kata Indah Bahasa Inggris

[BBM IMAGES] GAMBAR DP LUCU BAHASA JAWA

DP BBM Animasi Lagi Nggak Enak Badan